5 Tips Menjalankan Bisnis dengan Modal Kecil

content
Inspirasi UMKM

28/01/2022

Kian hari, kian banyak orang yang menjadi pebisnis. Apakah Anda salah satunya? Ketika berbisnis, Anda tentu perlu modal. Namun, bagaimana jika modal Anda tidak terlalu besar alias kecil? Apakah masih bisa menjalankan bisnis? Jawabannya, bisa. Di bawah ini adalah tips-tips menjalankan bisnis dengan modal kecil.


1. Pilih jenis usaha yang tepat

Pertama-tama, dalam berbisnis, Anda tentu perlu menentukan jenis usaha yang akan Anda jalankan. Pemilihan jenis usaha tidak boleh sembarangan, tetapi harus dipilih dengan tepat, cermat dan hati-hati. Ini demi keberlangsungan bisnis Anda nantinya. Kalau memilih jenis usaha secara sembarangan, takutnya bisnis Anda nantinya akan merugi. 


Salah satu cara untuk menentukan jenis usaha yang akan dijalankan adalah dengan melihat peluang di sekitar Anda. Coba Anda amati dengan baik keadaan di sekitar Anda. Coba cari tahu apa yang sedang dan paling dibutuhkan masyarakat setempat. Dari situ, Anda dapat memperoleh ide untuk menentukan jenis usaha yang akan Anda jalankan. Jenis usaha Anda dapat berupa pemenuhan kebutuhan masyarakat setempat.


Cara lain untuk menentukan jenis usaha adalah dengan melakoni sesuatu yang Anda suka atau berangkat dari hobi Anda. Jika selama ini hobi yang Anda lakukan hanya menghabiskan uang, Anda dapat mulai berpikir bagaimana caranya agar hobi tersebut juga bisa menghasilkan uang. Jika Anda memilih jenis usaha yang berdasarkan apa yang Anda suka, Anda tentu lebih senang dan tidak terbebani ketika menjalaninya.


Ketika Anda memutuskan untuk memilih jenis usaha, jangan lupa juga sesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Anda harus bisa memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk suatu jenis usaha. Jika modal Anda tidak terlalu besar alias kecil, pilihlah jenis usaha yang biaya pengeluarannya juga tidak terlalu besar alias kecil. Ingat, aspek keuangan sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, sekali lagi, pilihlah jenis usaha yang tepat yang sesuai dengan modal Anda.


2. Alokasikan modal bisnis secara tepat

Tips menjalankan bisnis dengan modal kecil yang kedua adalah mengalokasikan modal bisnis secara tepat. Tidak masalah jika modal Anda untuk berbisnis tidak terlalu besar alias kecil. Selama Anda dapat mengalokasikannya secara tepat, modal tersebut dapat memenuhi kebutuhan untuk menjalankan bisnis Anda.


Ada dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis. Pertama adalah capital expense, yakni mengalokasikan modal bisnis untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis. Jika Anda menekuni bisnis penatu alias laundry, maka yang dimaksud capital expense adalah pembelian mesin cuci, mesin pengering, dan sabun cuci.


Cara kedua dalam mengalokasikan modal bisnis ialah operational expense, yakni mengalokasikan modal bisnis untuk kebutuhan operasional, seperti membayar biaya listrik, membayar sewa gedung, dan menggaji karyawan.


3. Manfaatkan peralatan yang dimiliki

Ketika berbisnis, tidak selamanya Anda harus membeli peralatan baru, apalagi kalau modal Anda tidak terlalu besar alias kecil. Anda dapat memanfaatkan peralatan yang sudah ada untuk mendukung operasional bisnis Anda. Dengan demikian, modal tidak akan terbuang sia-sia. Anda masih dapat menyimpannya untuk membeli kebutuhan yang lebih penting.


Ketika bisnis Anda sudah berkembang dan menjadi besar dan peralatan yang ada sudah mulai rusak, barulah Anda dapat membeli peralatan yang baru. Jadi, selama peralatan yang ada masih bisa berfungsi dengan baik, gunakanlah itu.


4. Manfaatkan media sosial

Jika modal Anda tidak terlalu besar alias kecil sehingga Anda tidak punya bujet lebih untuk berpromosi, maka Anda dapat berpromosi pada akun media sosial Anda, Instagram misalnya. Dengan berpromosi pada Instagram, Anda bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas. Gunakan foto yang bagus dan takarir alias caption yang menarik agar konsumen pun ikut tertarik melihat materi promosi Anda. Jangan lupa juga gunakan tagar alias hashtag agar materi promosi Anda lebih mudah ditemukan.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
berbisnis
modal kecil