Suka Tampil dengan Baju yang Bersih dan Rapi? Cobain Berbisnis Laundry, yuk!

content
Inspirasi UMKM

13/05/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah laundry. Seperti apa tips berbisnis laundry? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan lokasi

Tips berbisnis laundry yang pertama adalah menentukan lokasi. Ya, sebagai seorang yang terjun ke dunia bisnis laundry, pertama-tama Anda harus menentukan lokasi laundry Anda. Penentuan lokasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. 


Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam penentuan lokasi laundry. Salah satunya adalah usahakan lokasi laundry Anda dekat dengan target pasar Anda. Target pasar laundry bisa mahasiswa, bisa pekerja atau karyawan. Anda harus tahu di mana target pasar Anda tinggal. Lalu, dari situ, Anda bisa menentukan lokasi laundry yang tepat. 


Jangan menempatkan laundry Anda terlalu jauh dari tempat tinggal target pasar Anda. Tempatkan laundry Anda secara berdekatan dengan tempat tinggal target pasar Anda agar mudah dijangkau oleh target pasar Anda. Ingat, penentuan lokasi yang tepat dapat berdampak terhadap kelancaran bisnis Anda. Jadi, jangan sampai salah dalam penentuan lokasi, ya.


2. Tentukan harga

Tips berbisnis laundry yang kedua adalah menentukan harga. Harga di sini maksudnya adalah harga jual laundry Anda. Ya, setelah menentukan lokasi laundry, kini saatnya Anda menentukan harga jual laundry. Sama seperti penentuan lokasi laundry, penentuan harga jual laundry juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, tetapi harus dilakukan secara cermat dan hati-hati.


Jangan sampai Anda menetapkan harga yang terlalu mahal. Dampaknya adalah laundry Anda tidak laris. Jadi, pastikan harga jual laundry Anda terjangkau agar laundry Anda laris diburu pelanggan. Sebelum menetapkan harga jual laundry, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu agar tahu harga pasaran.


3. Berikan pelayanan terbaik

Harga terjangkau bukanlah satu-satunya faktor yang dapat membuat laundry Anda laris diburu pelanggan. Lebih daripada itu, pelanggan menginginkan pelayanan yang terbaik. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa akibat pelayanan Anda yang kurang maksimal.


Pelanggan adalah raja. Jadi, layanilah mereka dengan sebaik-baiknya. Buatlah mereka puas dan senang dengan pelayanan yang Anda berikan. Jika mereka puas dan senang dengan pelayanan yang Anda berikan, mereka akan terdorong untuk kembali menggunakan jasa bisnis Anda. 


Pada bisnis laundry, pelayanan terbaik dapat diwujudkan dengan memberikan cucian yang tidak hanya bersih, akan tetapi juga wangi. Dijamin, jika cucian Anda bersih dan wangi, pelanggan akan merasa puas dan senang. Pun, mereka terdorong untuk kembali menggunakan jasa laundry Anda.


4. Perhatikan waktu

Tips berbisnis laundry yang keempat adalah perhatikan waktu. Ya, sebagai seorang pebisnis laundry, ketepatan waktu dalam menghadirkan cucian yang bersih dan wangi adalah hal yang sangat penting. 


Pelanggan laundry rata-rata adalah orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci baju. Oleh karenanya, mereka butuh jasa laundry. Oleh karena pelanggan laundry rata-rata adalah orang yang demikian, sekali lagi, ketepatan waktu dalam mencuci adalah hal yang sangat penting.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
laundry
baju bersih
baju rapi