10 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

content
Edukasi UMKM

17/12/2021

Zaman sekarang zamannya media sosial. Hampir setiap orang mempunyai media sosial untuk berbagi mengenai kesehariannya. Selain untuk berbagi, media sosial dapat juga digunakan untuk berbisnis. Di bawah ini adalah manfaat-manfaat media sosial untuk bisnis.


1. Mempermudah menemukan calon pelanggan

Lewat media sosial, pelaku bisnis dapat dengan mudah menemukan calon pelanggan. Lewat tagar, misalnya. Tagar yang disematkan pada materi promosi produk yang dijual dapat mempermudah konsumen menjangkau produk pelaku bisnis.


2. Mempermudah komunikasi dengan pelanggan

Lewat media sosial, pelanggan dapat lebih mudah menyampaikan keluh kesahnya kepada pelaku bisnis. Pelanggan tidak lagi bingung harus menyampaikan lewat mana. Pun, pelaku bisnis dapat dengan mudah pula menanggapi keluh kesah pelanggan. Lebih cepat mengetahui keluh kesah pelanggan, lebih cepat pula penanganannya sehingga pelanggan merasa puas atas layanan yang diberikan.


3. Mempermudah kerja sama dengan artis atau influencer

Manfaat media sosial untuk bisnis yang ketiga adalah mempermudah kerja sama dengan artis atau influencer. Menggunakan jasa endorsement artis atau influencer memang sedang banyak dilakukan pelaku bisnis agar produk yang dijual lebih banyak dikenal masyarakat. Lewat media sosial, pelaku bisnis dengan mudahnya mencari akun artis atau influencer. Dengan mudahnya menemukan akun artis atau influencer, maka pelaku bisnis dengan mudah pula menjalin kerja sama dengan mereka.


4. Mempermudah promosi

Dengan adanya media sosial, pelaku bisnis tidak perlu lagi bingung harus bagaimana untuk mempromosikan produk yang dijual. Cukup buat akun Instagram, misalnya dan promosi bisa dilakukan di situ. Keuntungan lain yang didapat dengan promosi melalui media sosial adalah pelaku bisnis dapat menjangkau konsumen secara lebih luas, tidak terpaku pada konsumen dengan karakteristik tertentu saja.


5. Menjalankan iklan dengan lebih tertarget

Contoh  manfaat media sosial untuk bisnis yang kelima ini adalah ketika pelaku bisnis hendak beriklan di Instagram, pelaku bisnis dapat menargetkan iklan tersebut menurut kategori segmen, misalnya automotive, banking, bisnis, design & property, dan ekonomi. Selain menurut kategori segmen, pelaku bisnis dapat menargetkan iklan menurut gender, yakni perempuan dan laki-laki. Begitulah target iklan yang berlaku pada iklan Instagram di Pasangiklan.com. Jenis iklan Instagram di Pasangiklan.com terbagi menjadi dua macam, yakni feed dan story.

6. Meningkatkan brand awareness

Jika pelaku bisnis menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang mereka jual, maka calon pelanggan akan me-notice kehadiran pelaku bisnis di media sosial. Dan jika pelaku bisnis mempromosikan produknya secara rutin di media sosial, maka calon pelanggan akan lebih sering me-notice kehadiran pelaku bisnis di media sosial. Ini nantinya dapat berdampak pada peningkatan brand awareness. Artinya, calon pelanggan tahu mengenai produk dan merek yang dijual pelaku bisnis.


7. Meningkatkan pengunjung website

Saat melakukan promosi di media sosial, pelaku bisnis dapat menyematkan tautan yang mengarah ke website bisnis tersebut. Dengan kata-kata yang menarik pada materi promosi, pelaku bisnis dapat “membujuk” pelanggan untuk mengakses website bisnis. Jika berhasil membujuk, maka pengunjung website dapat meningkat.

Halaman: 2
TAG:
media sosial
bisnis
promosi
manfaat media sosial