Ingin Hobi Masakmu Mendatangkan Uang? Cobain Berbisnis Katering, yuk!

content
Inspirasi UMKM

03/06/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah katering. Seperti apa tips berbisnis katering? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan jenis katering

Tips pertama berbisnis katering adalah menentukan jenis katering. Ya, sebagai langkah awal sebelum terjun ke dunia bisnis katering, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis katering yang akan Anda jalankan. Menentukan jenis katering adalah langkah penting sebab jenis katering akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan bisnis katering.


Menentukan jenis katering tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jenis katering. Salah satunya adalah modal yang Anda miliki.


Ada banyak jenis katering. Sebagai langkah awal, Anda cukup memilih satu jenis katering terlebih dahulu. Ini agar Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis katering. Kalau Anda memilih lebih dari satu jenis katering di awal, takutnya Anda keteteran. Nanti, kalau bisnis katering Anda sudah berkembang, Anda boleh mempertimbangkan untuk memilih jenis katering lainnya.


Jenis-jenis katering adalah katering pesta, katering kantoran, katering sekolahan, dan katering rumahan.


2. Tentukan nama brand dan logo

Tips berbisnis katering yang kedua adalah menentukan nama brand. Setelah Anda menentukan jenis katering, kini saatnya Anda menentukan nama brand untuk bisnis katering Anda. Sama seperti menentukan jenis katering, menentukan nama brand juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati.


Buatlah nama brand yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Ya, nama brand harus mudah diingat. Ini agar pelanggan selalu mengingat bisnis katering Anda. 


Usai menentukan nama brand, langkah selanjutnya adalah membuat logo. Dengan adanya nama brand dan logo, bisnis katering Anda akan nampak lebih profesional.


3. Cari pemasok

Tips berbisnis katering yang ketiga adalah mencari pemasok. Setelah menentukan jenis katering, nama brand, dan logo, kini saatnya Anda mencari pemasok. Sebagai pebisnis katering, Anda akan membutuhkan banyak bahan baku, yakni bumbu-bumbu dapur. Oleh karenanya, Anda harus mencari pemasok yang menyediakan bahan baku tersebut.


Sama seperti dua poin sebelumnya, mencari pemasok tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Carilah pemasok yang menyediakan bahan baku yang mutunya bagus alias berkualitas. Dengan memperoleh pemasok yang menyediakan bahan baku berkualitas, hasil masakan Anda pun juga akan lezat.


Selain kualitas, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam pencarian pemasok adalah harga. Sebisa mungkin, carilah pemasok yang memberikan harga yang murah.


4. Berikan pelayanan terbaik

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
katering
hobi masak