Punya Hobi Dandan? Yuk, Berbisnis Kosmetik!

content
Inspirasi UMKM

21/04/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam, salah satunya kosmetik. Seperti apa tips berbisnis kosmetik? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Kenali tren yang ada

Tips berbisnis kosmetik yang pertama adalah mengenal tren yang ada. Sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis kosmetik, Anda wajib up to date dengan informasi kekinian. Anda wajib tahu tren yang tengah berkembang di masyarakat. Nantinya, tren tersebut dapat menjadi acuan Anda dalam menjalankan bisnis. Anda dapat menghadirkan produk yang sesuai dengan tren yang tengah berkembang di masyarakat. Kalau Anda bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan tren yang tengah berkembang di masyarakat, konsumen pasti lebih suka. Konsumen lebih melirik bisnis Anda.


Dari mana bisa mengetahui tren yang sedang berkembang di masyarakat? Anda dapat mengetahuinya dengan menonton berita yang ada pada televisi atau membaca berita pada koran atau pada majalah. Selain itu, ada cara lain, yakni dengan memanfaatkan Google Trend. Jadi, daripada mengada-ada mengenai tren yang tengah berkembang di masyarakat, Anda dapat memanfaatkan ketiga sumber tersebut untuk mengetahui tren yang berkembang di masyarakat.


2. Pastikan target pasar

Tips berbisnis kosmetik yang kedua adalah memastikan siapa target pasar. Ya, sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis kosmetik, Anda harus tahu dengan baik siapa yang menjadi target pasar Anda. Dengan kata lain, Anda harus tahu dengan baik siapa yang akan menggunakan produk Anda. 


Dengan mengetahui target pasar, Anda bisa menjadi lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Pun, Anda bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan profil target pasar Anda. Profil di sini maksudnya, antara lain usia dan jenis kulit. Contoh target pasar adalah misalnya Anda berjualan kosmetik untuk wanita berusia 19—30 tahun.


3. Ketahui problem kulit

Bisnis kosmetik erat kaitannya dengan kulit. Jadi, Anda harus mengetahui dengan baik problem kulit yang dihadapi target pasar Anda. Dengan demikian, nantinya, Anda dapat menghadirkan kosmetik yang sesuai dengan problem kulit yang dihadapi target pasar Anda.


Untuk bisa mengetahui problem kulit yang dihadapi target pasar Anda, Anda harus melakukan riset. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda perlu terkadang melakukan riset. Coba Anda melakukan riset, kira-kira problem kulit seperti apa yang dihadapi oleh target pasar Anda. Setelah melakukan riset, pelajari hasil riset tersebut dan kemudian jadikan acuan untuk menghadirkan produk yang sesuai.


4. Tentukan cara menjual produk

Tips berbisnis kosmetik yang keempat adalah menentukan cara menjual produk. Jika Anda memutuskan untuk berjualan secara offline, Anda harus membuka toko kosmetik Anda di lokasi yang strategis. Strategis di sini maksudnya adalah, antara lain dekat dengan keramaian, akses jalannya bagus, dan dilalui kendaraan umum. Dengan membuka toko kosmetik di lokasi yang strategis, akan banyak pembeli berdatangan sehingga toko kosmetik Anda laris.


Cara kedua untuk menjual produk kosmetik Anda ialah secara online. Anda dapat membuat website untuk bisnis kosmetik Anda di mana pada website tersebut, konsumen dapat melakukan pemesanan. Pun, Anda bisa berjualan melalui marketplace.


5. Kerja sama dengan beauty influencer

Tips berbisnis kosmetik yang terakhir adalah bekerja sama dengan beauty influencer. Dengan bekerja sama dengan beauty influencer yang punya lumayan banyak pengikut pada Instagram, produk kosmetik Anda akan makin dikenal luas sehingga peluang terbelinya produk kosmetik Anda juga makin besar.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
kosmetik
hobi dandan