7 Rekomendasi Cara Promosi Bisnis

content
Edukasi UMKM

13/12/2021

Kegiatan promosi merupakan hal yang penting dalam bisnis. Melalui kegiatan promosi, barang atau jasa yang Anda jual akan diketahui oleh banyak orang. Jika kegiatan promosi Anda menarik, tidak menutup kemungkinan orang akan membeli barang atau menggunakan jasa Anda. Lantas, bagaimana cara melakukan promosi? Di bawah ini adalah rekomendasi cara promosi bisnis.


1. Memberikan potongan harga

Ketika hendak membeli suatu barang, konsumen tentu melihat harga terlebih dahulu. Jika harga sesuai dengan bujet mereka, mereka akan membelinya. Jika tidak sesuai dengan bujet, mereka tidak akan membelinya. 


Karena harga merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau tidak, maka memberikan potongan harga merupakan cara promosi yang disarankan. Potongan harga alias diskon tentu dinanti-nanti konsumen. Ketika harga suatu produk didiskon, peluang terbelinya produk tersebut menjadi lebih besar.


2. Memberikan cashback

Cashback adalah sejumlah uang yang dikembalikan ke konsumen setelah konsumen melakukan pembelian suatu produk. Siapa yang tidak senang jika uang yang telah digunakan untuk berbelanja dikembalikan sebagian?


Untuk bisa mendapatkan cashback, konsumen biasanya harus memenuhi syarat tertentu, misalnya minimal nominal pembelian. Meskipun ada syarat yang harus dipenuhi, cashback tetap menjadi salah satu cara promosi yang difavoritkan konsumen.


3. Menggratiskan ongkos kirim

Rekomendasi cara promosi bisnis yang ketiga ini khusus untuk Anda yang berbisnis secara daring. Ketika berbisnis secara daring, Anda tidak bertemu konsumen secara langsung sehingga Anda harus mengirimkan produk yang mereka beli. 


Kalau jarak pengirimannya dekat, misalnya dalam satu kota yang sama, tentu ongkos kirimnya lebih murah. Namun, kalau jarak pengirimannya jauh, misalnya berbeda kota, tentu ongkos kirimnya mahal. 


Oleh karena itu, agar konsumen tetap tertarik membeli produk Anda, Anda dapat menggratiskan ongkos kirim. Konsumen pasti senang saat tahu bahwa ongkos kirimnya gratis. Jika tidak memungkinkan untuk digratiskan, Anda dapat memberikan potongan harga untuk ongkos kirimnya.


4. Mengadakan flash sale

Flash sale adalah penjualan dalam waktu tertentu secara singkat dengan harga yang murah. Ketika flash sale diadakan, banyak konsumen yang tertarik untuk berpartisipasi. Kapan lagi bisa mendapatkan suatu produk dengan harga yang lebih murah?


Kuota barang yang diikutkan flash sale tidak banyak alias terbatas. Oleh karenanya, banyak konsumen yang berebut yang tidak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan barang dengan harga murah. Barang yang diikutkan flash sale biasanya laris manis terjual.


5. Mengadakan promosi beli satu gratis satu

Halaman: 2
TAG:
pasangiklan
promosi
bisnis
iklan digital